Konten Halaman yang Bisa Dibaca Ketika Melihat Tata Tetaknya

Editor: Taufik author photo
ilustrasi | indotema.com
Lorem Ipsum hanyalah teks tiruan dari industri percetakan dan penataan huruf. Lorem Ipsum telah menjadi teks boneka standar industri sejak tahun 1500-an, ketika sebuah printer yang tidak dikenal mengambil jenis galley dan mengacaknya untuk membuat buku spesimen jenis.

Ini telah bertahan tidak hanya lima abad, tetapi juga lompatan ke pengaturan huruf elektronik, tetap pada dasarnya tidak berubah. Itu dipopulerkan pada 1960-an dengan merilis lembar Letraset yang mengandung bagian Lorem Ipsum, dan baru-baru ini dengan perangkat lunak desktop publishing seperti Aldus PageMaker termasuk versi Lorem Ipsum.

Mengapa kita menggunakannya?

Sudah menjadi fakta lama bahwa pembaca akan terganggu oleh konten halaman yang bisa dibaca ketika melihat tata letaknya. Inti penggunaan Lorem Ipsum adalah bahwa ia memiliki distribusi huruf yang kurang lebih normal, dibandingkan dengan menggunakan 'Konten di sini, konten di sini', membuatnya terlihat seperti bahasa Inggris yang dapat dibaca.

Banyak paket penerbitan desktop dan editor halaman web sekarang menggunakan Lorem Ipsum sebagai teks model default mereka, dan pencarian untuk 'lorem ipsum' akan mengungkap banyak situs web yang masih dalam masa pertumbuhan. Berbagai versi telah berkembang selama bertahun-tahun, kadang-kadang secara tidak sengaja, kadang-kadang dengan sengaja (disuntikkan humor dan sejenisnya).

Dari mana asalnya?

Berlawanan dengan kepercayaan populer, Lorem Ipsum bukan hanya teks acak. Ini berakar pada sepotong sastra Latin klasik dari 45 SM, membuatnya lebih dari 2000 tahun.

Richard McClintock, seorang profesor Latin di Hampden-Sydney College di Virginia, mencari salah satu kata Latin yang lebih tidak jelas, consectetur, dari bagian Lorem Ipsum, dan menelusuri kutipan kata dalam literatur klasik, menemukan sumber yang tidak diragukan lagi.

Lorem Ipsum berasal dari bagian 1.10.32 dan 1.10.33 dari "de Finibus Bonorum et Malorum" (The Extremes of Good and Evil) oleh Cicero, ditulis pada 45 SM. Buku ini adalah risalah tentang teori etika, sangat populer selama Renaissance. Baris pertama Lorem Ipsum, "Lorem ipsum dolor sit amet ..", berasal dari baris di bagian 1.10.32.

Potongan standar Lorem Ipsum digunakan sejak 1500-an direproduksi di bawah ini untuk mereka yang tertarik. Bagian 1.10.32 dan 1.10.33 dari "de Finibus Bonorum et Malorum" oleh Cicero juga direproduksi dalam bentuk aslinya yang tepat, disertai dengan versi bahasa Inggris dari terjemahan 1914 oleh H. Rackham.

Di mana saya bisa mendapatkan?

Ada banyak variasi bagian dari Lorem Ipsum yang tersedia, tetapi sebagian besar telah mengalami perubahan dalam beberapa bentuk, dengan menyuntikkan humor, atau kata-kata acak yang tidak terlihat.
Share:
Komentar

Berita Terkini